Daftar Linux Yang Paling Gampang Dan Ringan Buat Pemula

Daftar Linux Yang Paling Gampang Dan Ringan Buat Pemula - Hai Semua, selamat datang di blog Noob1t4, Pada Artikel yang kalian baca kali ini dengan judul Daftar Linux Yang Paling Gampang Dan Ringan Buat Pemula, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat kalian pahami. baiklah, selamat membaca.

Linux Yang Paling Gampang dan Ringan Buat Pemula. Bagi yang ingin berkecimpung untuk pertama kalinya (newbie) di dunia Linux kita bisa memulai dengan memilih distro Linux yang paling mudah untuk digunakan dan ramah bagi pengguna pemula atau beginner. Sebuah sistem "Linux" sendiri dibangun dari projects software open-source yang berbeda, termasuk kernel Linux. Linux distribusi atau yang lebih dikenal dengan distro Linux adalah project dari semua paket software Linux yang dikembangkan lagi menjadi sebuah Oprating Sistem linux baru, yang tujuannya agar dapat mudah digunakan dan mencari kesempurnaan dari sebuah distro yang ingin di perbarui.

Mencoba sebuah distro Linux sangat mudah. kamu hanya perlu buat bootable salah satu distro Linux ke USB drive dan reboot komputer kamu. Pindah settingan BIOS dengan boot melalui USB drive dan reboot kembali. Jika kamu sudah succes masuk ke desktop linux, kamu tidak perlu menginstal apapun atau mengutak-atik sistem linux yang sekarang sudah terbuka. kamu tinggal jalankan dengan fitur live CD di linux yang dapat kamu gunakan untuk mencoba os linux tanpa perlu menginstalnya ke Harddisk.

Tak perlu panjang lebar lagi saatnya kita simak topik utama artikel ini tentang Linux Yang Paling Gampang dan Ringan Buat Pemula , check dish out :

Ubuntu

Linux Ubuntu adalah salah satu Linux yang paling banyak direkomendasikan untuk pemula yang ingin menggunakan OS Linux. Salah satu keunggulan Linux ini memberikan kemudahan saat menggunakan dan memberi kenyamanan kepada penggunanya, selain itu proses installernya juga sederhana dan juga desktop cukup user-friendly di Unity.

Distro Linux ini tidak serumit software opensource seperti beberapa distro yang lain. Karena dengan hanya satu klik saat proses instalasi, kamu sudah dapat menginstal Ubuntu secara otomatis, juga menginstal Flash plug-in dan berbagai codec. Setelah instalasi Ubuntu untuk pertama kali, ada satu "Driver Tambahan" Tolls yang memberitahu kamu secara rinci driver hardware closed source yang diperlukan untuk kinerja hardware PC kamu dengan benar dan memungkinkan kamu menginstal mereka dengan satu atau dua kali klik. Software tambahan seperti ini sangat rumit untuk mendownload dan menginstalnya dibeberapa distro Linux lainnya, dan juga tidak selalu didukung secara resmi. Tapi masalah ini tidak akan kamu temui jika memakai Ubuntu.

Selain kemudahan yang di tawarkan ubuntu kamu juga mendapatkan "long term service" atau LTS-release dan kamu akan memiliki sistem Ubuntu yang didukung dengan update keamanan selama lima tahun yang solid. Versi LTS release ini juga menerima upgrade driver hardware dan beberapa pembaruan software lainnya yang signifikan, yang memungkinkan kamu untuk menginstal Linux sekali dan menggunakan sistem kamu selama bertahun-tahun tanpa perlu khawatir ada sistem yang sudah lanjut usia atau jadul bersarang di oprating sistem Ubuntu mu. Kamu juga tidak perlu meng-upgrade ke versi baru setiap tahun. Tidak seperti yang harus kamu lakukan jika menggunakan Linux Fedora yang sedikit-sedikit update.

Karena popularitas Ubuntu banyak software yang tersedia dalam bentuk repositories software dan bahkan dalam PPAs, jika kamu mengalami suatu masalah saat menggunakan Ubuntu kamu tidak perlu khawatir karena sudah ada sejumlah dokumentasi yang tersedia secara online, jadi jika kamu mengalami masalah, kamu tinggal browsing di internet pasti akan menemukan artikel orang lain yang sudah lebih dulu memecahkan masalah yang sama seperti yang kamu alami.

Linux Mint

Linux Mint difokuskan pada desktop mirip Windows. Kedua nya Cinnamon dan MATE desktop adalah interface yang lebih mirip dengan Windows, hal ini cocok bagi kamu yang ingin bermingrasi dari Windows ke Linux Mint. Linux Mint juga tanpa henti memfokuskan paket software mereka selalu up to date.

Lubuntu

Jika kamu memiliki komputer tua dengan RAM dan CPU dengan spesifikasi minimum juga sudah tergolong tua dan terasa lambat atau lemot, Tetapi Kamu ingin menggunakan Linux kamu tidak perlu khawatir karena Lubuntu menawarka keringanan saat dijalankan walau di PC low spek sekalipun. Lubuntu adalah sistem yang masih berkerabat dengan Ubuntu dengan mengusung desktop LXDE, yang jauh lebih ringan dari ubuntu. Ini juga bisa kamu jadikan alternatif untuk mengganti ubuntu dengan yang lebih ringan dari nya. Lubuntu mewarisi semua yang dimiliki Ubuntu dan juga tampilan grafik yang tidak jauh berbeda.

Lubuntu sendiri dapat berjalan dengan sangat baik dengan bahkan di spesifikasi komputer ber RAM 512MB. Karena Ubuntu dengan desktop Unity yang dimilikinya ini menjadi keunggulan Lubuntu yang dapat berjalan dengan stabil di jumlah memori rendah yang tersedia.

Lubuntu bukan lah satu-satunya versi Ubuntu dengan desktop yang berbeda, ada banyak varian lain yang tersedia yang menawarkan sejumlah rasa berbeda yang mirip dengan ubuntu.

Tapi bagaimana dengan Fedora, Debian, Arch, dan lain-lain?

Ada banyak distro Linux lain di luar sana. Tapi distro Linux lain yang besar dan terkenal lainnya bukan tempat terbaik untuk pemula yang ingin belajar menggunakan linux. Karena setiap distro Linux memiliki penggemar dan pengguna berdedikasi. kebebasan dan banyak pilihan adalah keunggulan Linux yang tidak akan bisa kita temui di OS manapun kecuali linux sendiri. Dan itulah sedikit artikel ulasan tentang "Linux Yang Paling Gampang Dan Ringan Buat Pemula". Terima kasih dan Semoga bermanfaat

Artikel Menarik Lainnya:




Sekian Artikel Daftar Linux Yang Paling Gampang Dan Ringan Buat Pemula.
Terima kasih telah membaca artikel Daftar Linux Yang Paling Gampang Dan Ringan Buat Pemula, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


Semua artikel tutorial di blog ini hanya untuk sebatas Pembelajaran dan Pengetahuan saja, jika kalian meyalahgunakan tutorial di blog ini, itu bukan tanggung jawab saya. Terima kasih sudah berkunjung ke blog Noob1t4, saya harap agan berkunjung kembali kesini

0 Response to "Daftar Linux Yang Paling Gampang Dan Ringan Buat Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel